Thursday, November 12, 2015

Layanan Sistem Telematika

Pengertian
Seperti yang sudah disampaikan pada pembahasan sebelumnya, telematika dapat diartikan sebagai bertemunya sistem jaringan komunikasi dengan teknologi informasi dan telematika dapat diartikan juga suatu istilah untuk mendefinisikan telekomunikasi melalui media informatika. Jadi berdasarkan pengertian tersebut, layanan sistem telematika berarti suatu layanan yang berkaitan langsung dengan telekomunikasi dan informatika, yang pada layanan itu dapat di gunakan untuk kepentingan personal, komersial, dan juga digunakan sebagai alat untuk sistem keamanan.

Contoh-contoh Layanan Sistem Telematika
1. Layanan Informasi
Layanan Informasi merupakan penyampaian berbagai informasi kepada orang banyak supaya orang banyak dapat memanfaatkan informasi yang telah disampaikan tersebut untuk kepentingan perkembangan hidup mereka. Penggunaan telematika dalam layanan informasi harus berjalan sinkron dan penggunaanya harus ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, termasuk pemberantasan kemiksinan dan kesenjangan, serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Karena itu perlu adanya langkah-langkah lebih lanjut untuk mendorong pertumbuhan jangkauan dan kandungan informasi pada publik, memperluas pelayanan kesehatan dan pendidikan, juga mengembangkan sentra-sentra pelayanan masyarakat perkotaan dan pedesaan. Sehingga dapat memunculkan solusi untuk melayani lokasi-lokasi yang tidak terjangkau oleh masyarakat.
Contoh :
-          Informasi cuaca
-          E-commerce di daerah-daerah
-          Informasi navigasi
-          Hiburan atau entertainment

2. Layanan Keamanan
Layanan keamanan merupakan suatu layanan yang mempunyai fungsi memberikan jaminan keamanan terhadap informasi dan data. Layanan keamanan adalah sesuatu yang sangat penting untuk menjaga agar suatu data dalam jaringan tidak mudah terhapus atau hilang. Layanan keamanan memberikan fasilitas yang berfungsi untuk memantau dan memberikan informasi bila ada sesuatu yang berjalan atau beroperasi tidak seharusnya. Layanan ini terdiri dari enkripsi, penggunaan protocol, penentuan akses control dan auditin.
Contoh :
-          Penggunaan Firewall dan Antivirus
-          Panggilan darurat (Rumah Sakit, Polisi, dan lainnya)
-          Navigasi keberadaan kendaraan

3. Layanan Context Aware dan Event Base
Context awareness adalah kemampuan sebuah sistem untuk memahami si user, network, lingkungan, dan dengan demikian melakukan adaptasi yang dinamis sesuai kebutuhan. Dengan adanya context aware maka user tidak perlu harus selalu memberi input yang banyak secara eksplisit untuk membuat komputer menjalankan tugasnya. Beberapa konteks yang dapat digunakan antara lain lokasi user, data dasar user, berbagai preferensi user, jenis dan kemampuan terminal yang digunakan user.
Contoh :
-          Layanan diagnosis kendaraan
-          Statistik asuransi kendaraan

4. Layanan Perbaikan Sumber
Layanan perbaikan sumber adalah suatu konsep untuk pengembangan sumber daya manusia di bidang telematika, yang ditujukan untuk meningkatkan kualitas, kuantitas dan pendayagunaan SDM telematika dengan tujuan untuk mengatasi kesenjangan digital, kesenjangan informasi dan meningkatkan kemandirian masyarakat dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi secara efektif dan optimal.
Contoh :
-          Layanan yellow pages
-          Teknologi wireless

Kelebihan dan Kekurangan pada Layanan Sistem Telematika
Kelebihan :
a. Dengan adanya internet banyak sekelompok anak muda yang dapat membangun bisnis elekronik atau yang biasa disebut e-Commerce.
b. Manfaat internet dalam e-Business secara nyata dapat menekan biaya transaksi dalam berbisnis dan memberikan kemudahan dalam diversifikasi kebutuhan.
c. Manfaat internet dalam e-Goverment bisa meningkatkan kinerja pemerintah dalam menyediakan informasi dan layanan untuk masyarakat.
d. Dengan layanan telematika masyarakat khususnya kalangan menengah kebawah dapat merasakan pemerataan teknologi dan bagi pelajarnya dapat memberikan wawasan yang lebih untuk menunjang studi mereka.
e. Dalam bidang kesehatan dan juga pendidikan secara nyata juga telah memberikan nilah tambah bagi masyarakat luas.
f. Sebagai core bisnis industry, perdagangan, efisensi dan peningkatan daya saing perusahaan.
g. Layanan di bidang keamanan tentunya membuat masyarakat pada umumnya dapat merasa lebih aman karena jika terjadi sesuatu yang diinginkan, mereka dapat langsung menghubungi pihak berwajib dengan teknologi yang ada.

Kekurangan :
a. Terjadinya dampak buruk jika suatu sistem keamanan dapat dibobol, misalnya :
-          Kejahatan telematika merugikan individu. Misalnya lima orang hacker (penyusup) yang berada di Moskow telah mencuri sekitar 5400 data kartu kredit milik orang Rusia dan orang asing yang didapat dengan menyusup pada sistem komputer beberapa internet retailer.
-          Kejahatan telematika merugikan perusahaan atau organisasi. Pada tahun 1995, Julio Cesar Ardita, seorang mahasiswa dari Argentina berhasil menyusup dan mengganti (cracking) data sistem yang ada di Fakultas Arts and Science Universitas Harvard.
-          Kejahatan telematika merugikan Negara. Misalnya serangan yang paling merugikan adalah pengrusakan yang dilakukan oleh hacker asing pada situs Kementrian keuangan Romania pada tahun 1999, sehingga merugikan pemerintah Romania milyaran dollar. Serangan ini dilakukan dengan mengganti besaran kurs mata uang Romania sehingga banyak pembayar pajak online yang terkecoh dengan data yang telah diganti tersebut.
b. Penyebaran virus atau malicious ware fraud atau penipuan yang menggunakan electronic mail sebagai alat penyebaran informasi bagi si penipu.
c. Kejahatan Telematika sebagai Kejahatan Transnasional, Contoh kejahatan transnasional ini adalah human trafficking, penyelundupan orang, narkotika, atau teroris internasional.
d. Pada layanan telematika bidang informasi, jika perhatian kepada mereka yang kurangnya informasi dari kebebasan akses yang mereka lakukan, akan berdampak buruk yang disebabkan pihak yang tidak bertanggung jawab.

Saran
Penggunaan layanan sistem telematika pada jaman yang serba menggunakan teknologi  seperti saat ini tentunya sangat bermanfaat karena dapat mempermudah masyarakat dalam menunjang kebutuhan hidup terutama dalam bidang informasi. Dengan keadaan yang memudahkan masyarakat tersebut, tentunya perlu ada peningkatan layanan dalam bidang telematika demi terciptanya masyarakat yang berpengetahuan luas serta tidak ketinggalan jaman. Namun dengan kemudahan yang telah ada ini, terkadang menimbulkan sikap tidak puas dari manusia dengan hasil yang diperolehnya, sehingga mereka akan memanfaatkan kemudahan tersebut untuk mendapatkan hasil yang lebih baik untuk keuntungan pribadinya tanpa memikirkan kerugian yang akan dialami orang lain. Dari kerugian yang tadi sudah dibahas, pemerintah atau pihak berwenang jelas harus membuat aturan yang ketat guna melindungi dan menjamin keamanan terhadap penyalahgunaan penggunaan telematika. Selain itu kita juga sebagai pengguna telematika sebaiknya kita bijak dalam menggunakan pemanfaatan pada sebuah layanan system telematika tersebut.


Sumber :

No comments:

Post a Comment