Pengertian
Seperti yang sudah disampaikan
pada pembahasan sebelumnya, telematika
dapat diartikan sebagai bertemunya sistem jaringan komunikasi dengan teknologi
informasi dan telematika
dapat diartikan juga suatu istilah untuk mendefinisikan telekomunikasi melalui media informatika. Jadi berdasarkan pengertian tersebut, layanan sistem telematika berarti
suatu layanan yang berkaitan langsung dengan telekomunikasi
dan informatika, yang pada layanan itu dapat di gunakan untuk kepentingan
personal, komersial, dan juga
digunakan sebagai alat untuk sistem keamanan.
Contoh-contoh Layanan Sistem Telematika
1. Layanan Informasi
Layanan
Informasi merupakan penyampaian berbagai informasi kepada orang banyak supaya
orang banyak dapat memanfaatkan informasi yang telah disampaikan tersebut untuk
kepentingan perkembangan hidup mereka. Penggunaan telematika dalam layanan
informasi harus berjalan sinkron dan penggunaanya harus ditujukan untuk
meningkatkan kesejahteraan masyarakat, termasuk pemberantasan kemiksinan dan
kesenjangan, serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Karena itu perlu
adanya langkah-langkah lebih lanjut untuk mendorong pertumbuhan jangkauan dan
kandungan informasi pada publik, memperluas pelayanan kesehatan dan pendidikan,
juga mengembangkan sentra-sentra pelayanan masyarakat perkotaan dan pedesaan.
Sehingga dapat memunculkan solusi untuk melayani lokasi-lokasi yang tidak
terjangkau oleh masyarakat.
Contoh :
-
Informasi
cuaca
-
E-commerce di
daerah-daerah
-
Informasi
navigasi
-
Hiburan atau
entertainment
2. Layanan Keamanan
Layanan
keamanan merupakan suatu layanan yang mempunyai fungsi memberikan jaminan
keamanan terhadap informasi dan data. Layanan keamanan adalah sesuatu yang
sangat penting untuk menjaga agar suatu data dalam jaringan tidak mudah terhapus
atau hilang. Layanan keamanan memberikan fasilitas yang berfungsi untuk
memantau dan memberikan informasi bila ada sesuatu yang berjalan atau
beroperasi tidak seharusnya. Layanan ini terdiri dari enkripsi, penggunaan
protocol, penentuan akses control dan auditin.
Contoh :
-
Penggunaan Firewall
dan Antivirus
-
Panggilan darurat
(Rumah Sakit, Polisi, dan lainnya)
-
Navigasi keberadaan
kendaraan
3. Layanan Context Aware dan Event Base
Context
awareness adalah kemampuan sebuah sistem untuk memahami si user, network, lingkungan,
dan dengan demikian melakukan adaptasi yang dinamis sesuai kebutuhan. Dengan
adanya context aware maka user tidak perlu harus selalu memberi input yang
banyak secara eksplisit untuk membuat komputer menjalankan tugasnya. Beberapa
konteks yang dapat digunakan antara lain lokasi user, data dasar user, berbagai
preferensi user, jenis dan kemampuan terminal yang digunakan user.
Contoh
:
-
Layanan diagnosis
kendaraan
-
Statistik asuransi
kendaraan
4. Layanan Perbaikan Sumber
Layanan
perbaikan sumber adalah suatu konsep untuk pengembangan sumber daya manusia di
bidang telematika, yang ditujukan untuk meningkatkan kualitas, kuantitas dan
pendayagunaan SDM telematika dengan tujuan untuk mengatasi kesenjangan digital,
kesenjangan informasi dan meningkatkan kemandirian masyarakat dalam pemanfaatan
teknologi informasi dan komunikasi secara efektif dan optimal.
Contoh
:
-
Layanan yellow pages
-
Teknologi wireless
Kelebihan dan Kekurangan pada Layanan Sistem
Telematika
Kelebihan :
a.
Dengan adanya internet banyak sekelompok anak muda yang dapat membangun bisnis elekronik
atau yang biasa disebut e-Commerce.
b. Manfaat
internet dalam e-Business secara nyata dapat menekan biaya transaksi dalam berbisnis
dan memberikan kemudahan dalam diversifikasi kebutuhan.
c. Manfaat
internet dalam e-Goverment bisa meningkatkan kinerja pemerintah dalam
menyediakan informasi dan layanan untuk masyarakat.
d.
Dengan layanan telematika masyarakat khususnya kalangan menengah kebawah dapat
merasakan pemerataan teknologi dan bagi pelajarnya dapat memberikan wawasan
yang lebih untuk menunjang studi mereka.
e. Dalam
bidang kesehatan dan juga pendidikan secara nyata juga telah memberikan nilah
tambah bagi masyarakat luas.
f. Sebagai
core bisnis industry, perdagangan, efisensi dan peningkatan daya saing
perusahaan.
g.
Layanan di bidang keamanan tentunya membuat masyarakat pada umumnya dapat
merasa lebih aman karena jika terjadi sesuatu yang diinginkan, mereka dapat
langsung menghubungi pihak berwajib dengan teknologi yang ada.
Kekurangan :
a. Terjadinya
dampak buruk jika suatu sistem keamanan dapat dibobol, misalnya :
-
Kejahatan telematika
merugikan individu. Misalnya lima orang hacker (penyusup) yang berada di Moskow
telah mencuri sekitar 5400 data kartu kredit milik orang Rusia dan orang asing
yang didapat dengan menyusup pada sistem komputer beberapa internet retailer.
-
Kejahatan telematika
merugikan perusahaan atau organisasi. Pada tahun 1995, Julio Cesar Ardita,
seorang mahasiswa dari Argentina berhasil menyusup dan mengganti (cracking)
data sistem yang ada di Fakultas Arts and Science Universitas Harvard.
-
Kejahatan telematika
merugikan Negara. Misalnya serangan yang paling merugikan adalah pengrusakan
yang dilakukan oleh hacker asing pada situs Kementrian keuangan Romania pada
tahun 1999, sehingga merugikan pemerintah Romania milyaran dollar. Serangan ini
dilakukan dengan mengganti besaran kurs mata uang Romania sehingga banyak
pembayar pajak online yang terkecoh dengan data yang telah diganti tersebut.
b. Penyebaran
virus atau malicious ware fraud atau penipuan yang menggunakan electronic mail
sebagai alat penyebaran informasi bagi si penipu.
c. Kejahatan
Telematika sebagai Kejahatan Transnasional, Contoh kejahatan transnasional ini
adalah human trafficking, penyelundupan orang, narkotika, atau teroris
internasional.
d. Pada
layanan telematika bidang informasi, jika perhatian kepada mereka yang kurangnya
informasi dari kebebasan akses yang mereka lakukan, akan berdampak buruk yang
disebabkan pihak yang tidak bertanggung jawab.
Saran
Penggunaan
layanan sistem telematika pada jaman yang serba menggunakan teknologi seperti saat ini tentunya sangat bermanfaat
karena dapat mempermudah masyarakat dalam menunjang kebutuhan hidup terutama
dalam bidang informasi. Dengan keadaan yang memudahkan masyarakat tersebut,
tentunya perlu ada peningkatan layanan dalam bidang telematika demi terciptanya
masyarakat yang berpengetahuan luas serta tidak ketinggalan jaman. Namun dengan
kemudahan yang telah ada ini, terkadang menimbulkan sikap tidak puas dari
manusia dengan hasil yang diperolehnya, sehingga mereka akan memanfaatkan
kemudahan tersebut untuk mendapatkan hasil yang lebih baik untuk keuntungan
pribadinya tanpa memikirkan kerugian yang akan dialami orang lain. Dari
kerugian yang tadi sudah dibahas, pemerintah atau pihak berwenang jelas harus
membuat aturan yang ketat guna melindungi dan menjamin keamanan terhadap
penyalahgunaan penggunaan telematika. Selain itu kita juga sebagai pengguna telematika
sebaiknya kita bijak dalam menggunakan pemanfaatan pada sebuah layanan system
telematika tersebut.
Sumber :
No comments:
Post a Comment