Pengertian Telematika
Telematika adalah singkatan dari Telekomunikasi dan
Informatika yang merupakan adopsi dari bahasa Prancis yang sebenarnya adalah
“TELEMATIQUE” yang dapat diartikan sebagai bertemunya sistem jaringan
komunikasi dengan teknologi informasi. Telematika
dapat diartikan
juga suatu istilah untuk
mendefinisikan Telekomunikasi melalui media informatika. Berdasarkan definisi
di atas telematika sebenarnya mencakup dua teknik yaitu: telekomunikasi dan
informatika, yang bisa di gunakan untuk kepentingan
personal, komersial, dan alat untuk sistem keamanan.
Istilah telematika sering dipakai untuk beberapa macam
bidang, sebagai contoh adalah:
- Integrasi
antara sistem telekomunikasi dan informatika yang dikenal sebagai Teknologi
Komunikasi dan Informatika atau ICT (Information and Communications
Technology). Secara lebih spesifik, ICT merupakan ilmu yang berkaitan dengan
pengiriman, penerimaan dan penyimpanan informasi dengan menggunakan peralatan
telekomunikasi.
-
Secara
umum, istilah telematika dipakai juga untuk teknologi Sistem
Navigasi/Penempatan Global atau GPS (Global Positioning System) sebagai bagian
integral dari komputer dan teknologi komunikasi berpindah (mobile communication
technology).
- Secara
lebih spesifik, istilah telematika dipakai untuk bidang kendaraan dan
lalulintas (road vehicles dan vehicle telematics).
Bidang yang terkait dengan telematika antara lain
adalah :
-
E-Government
-
E-Commerce
-
E-Learning
Contoh Telematika
Salah satu bidang yang terkait dengan telematika adalah E-Learning. E-Learning telah menghasilkan
perubahan besar dalam dunia pendidikan, dari pendidikan tatap muka yang
konvesional ke arah pendidikan yang lebih terbuka. Di Indonesia saja sudah ada
yang namanya pendidikan terbuka dengan system belajar jarak jauh (distance
learning) yang memanfaatkan teknologi komputer, jaringan komputer, juga media
internet. E-learning membuat para pelajar dapat belajar melalui komputer di
tempat mereka masing-masing tanpa perlu mengikuti pelajaran secara langsung di
kelas.
E-Learning seperti yang disampaikan tersebut dapat dimungkinkan dengan adanya
teknologi telematika, yang dapat menghubungkan guru dengan muridnya, dan
mahasiswa dengan dosennya tanpa harus adanya pertemuan secara langsung. Dengan E-Learning dapat melihat
hasil perolehan belajar berupa nilai secara online, mengecek jadwal kuliah, mengirim naskah tugas, dan lainnya sudah dapat dilakukan. Peranan web kampus atau sekolah
termasuk cukup sentral dalam kegiatan pembelajaran ini. Selain itu, web
bernuansa pendidikan non-institusi, perpustakaan online, dan interaksi dalam
group, juga sangatlah mendukung. Selain murid atau mahasiswa, portal e-learning
dapat diakses oleh siapapun yang memerlukan tanpa pandang faktor jenis usia,
maupun pengalaman pendidikan sebelumnya.
Berikut ini adalah beberapa contoh website E-Learning di Indonesia :
Website ini merupakan sebuah komunitas e-learning yang membagi literatur dan materi
kuliah secara bebas dan gratis di bidang Computing atau ilmu komputer dan teknologi informasi dalam bahasa
Indonesia. Dalam
situs ini juga menyediakan
Konsultasi Online gratis melalui Yahoo Messenger bagi user yang mengalami
kesulitan mengikuti berbagai fitur dalam situs tersebut.
Situs ini merupakan situs e-learning yang hanya
menyajikan pelajaran matematika dan sains saja,
namun setiap penjelasannya akan disertakan gambar animasi yang menarik dan
jauh lebih mudah dengan ini.
Situs ini juga hanya membahas 1 mata pelajaran saja
yaitu fisika. Disini kamu bisa mencari berbagai permasalahan mengenai fisika,
materi, latihan soal, sejarah dan ruang diskusi seputar mencari penyelesaian
mengenai pelajaran fisika. Pada situs ini juga kamu
bisa mendapatkan informasi tentang beasiswa jurusan fisika dalam dan luar
negeri dan seputar berita seminar bahkan olimpiade fisika.
Situs ini tidak hanya menyediakan materi-materi yang
standar, tapi bahkan bisa jauh lebih luas. Dengan tampilan yang menarik dan
jaringannya yang cepat, geschool tengah menjadikan e-learning jauh lebih
menyenangkan, selain itu geschool juga memiliki fasilitas notes dan blog
yang dapat diakses secara internal.
Ini merupakan sebuah portal jejaring sosial pendidikan
khusus bagi pelajar, mahasiswa dan pengajar. Goesmart memiliki fungsi sama
persis seperti facebook, yang mana di dalamnya kamu bisa berteman dengan siapa
saja, update status, upload foto dan materi pembelajaran bahkan kamu bisa
membuka kelas diskusi kamu sendiri serta membuat soal sendiri.
Keuntungan dan Kerugian
Elearning
Keuntungan E-Learning :
1.
E-learning
dapat mempersingkat waktu pembelajaran dan membuat biaya studi lebih ekonomis.
2.
E-learning
mempermudah interaksi antara
peserta didik dengan
bahan atau materi, peserta didik dengan guru, maupun sesama peserta didik.
3.
Peserta
didik dapat saling berbagi informasi dan dapat mengakses bahan-bahan belajar
setiap saat dan berulang-ulang, dengan kondisi yang demikian itu peserta didik
dapat lebih memantapkan penguasaannya terhadap materi pembelajaran.
4.
Kehadiran
guru tidak mutlak diperlukan
5.
Guru akan
lebih mudah melakukan pemutakhiran bahan-bahan belajar yang
menjadi tanggung jawabnya sesuai dengan tuntutan perkembangan keilmuan yang
mutakhir.
6.
Guru juga akan lebih mudah mengembangkan
diri atau melakukan penelitian guna meningkatkan wawasannya.
7.
Guru dapat mengontrol
kegiatan belajar peserta didik.
Kerugian E-Learning :
1.
Untuk
sekolah tertentu terutama yang berada di daerah, akan memerlukan investasi yang
mahal untuk membangun e-learning ini.
2.
Sistem belajar yang tanpa pengawas membuat siswa yang tidak mempunyai motivasi belajar yang tinggi
cenderung gagal.
3.
Keterbatasan jumlah
komputer yang di miliki
oleh sekolah akan
menghambat pelaksanaan e-learning.
4.
Bagi
orang yang gagap teknologi, sistem ini sulit untuk diterapkan.
Jadi kesimpulannya, Telematika
mempunyai manfaat penting di dalam kehidupan masa kini yang mengandalkan
teknologi, dan pada sebuah teknologi informasi seperti ini, kita sebagai
pengguna teknologi harus menggunakan dan memaksimalkannya secara efisien. Dan
dengan menggunakan Internet, semua masyarakat di dunia dapat berinteraksi
dengan teknologi informasi tersebut. Tapi tetap perlu adanya kebijakan dalam
penggunaannya, karena bukan hanya memiliki kegunaan, penggunaan telematika pun bias
menimbulkan kerugian jika tidak digunakan untuk hal yang positif.
Sumber :
How to make money from gambling - Work Tomake Money
ReplyDeleteThere are a lot of bookmakers that offer free bets and bonuses that you can do while you're betting. They งานออนไลน์ are one of the best online gambling sites out there