Tuesday, June 23, 2015

SURAT MENYURAT

Pengertian Surat
Surat merupakan suatu alat untuk melakukan komunikasi yang tertulis untuk menyampaikan informasi kepada pihak lain yang mempunyai keperluan kegiatan dengan bentuk tertentu. Zaman dahulu bentuk surat sangat sederhana, hanya berupa tulisan pada kertas. Kini zaman sudah maju dengan pesat dan sedikit demi sedikit cara lama mulai ditinggalkan. Keberadaan surat itu sendiri kini dihubungkan dengan adanya alat canggih yang bernama komputer. Di era modern ini penulisan surat sebagian besar beralih menggunakan komputer karena dianggap penggunaannya lebih praktis, lebih cepat, dan memiliki kelebihan dalam menyimpan arsip secara otomatis. Barangkali hanya sebagian kecil saja orang yang masih menggunakan mesin ketik biasa dan tulisan tangan, bergantung dari kebutuhan dan tujuan dari surat itu sendiri.

Fungsi Surat
Surat merupakan salah satu sarana komunikasi berbahasa tulisan. Dari berbagai jenis surat yang biasa digunakan dapat dikelompokan kedalam beberapa fungsi surat sebagai salah satu sarana dalam kegiatan berbahasa tulis, sebagai berikut:
a. Sebagai Alat Komunikasi
Melalui surat orang dapat saling berbicara, saling tukar informasi dan saling menyampaikan pesan, meskipun berada pada jarak yang berjauhan. Dengan menggunakan surat orang dapat berbicara secara panjang lebar dengan menggunakan tulisan sehingga dapat menyampaikan pesan lebih banyak dengan biaya yang lebih murah.
b. Surat sebagai Wakil atau Duta
Anda dapat menyelesaikan suatu masalah tanpa harus datang sendiri yaitu dengan menggunakan surat. Surat dapat mewakili diri sendiri atau orang lain sebagai tenaga suruhan untuk mendatangi seseorang yang berada di tempat yang jauh dengan pembicaraan panjang lebar hingga tuntas.
c. Surat sebagai Bahan Bukti
Surat dapat digunakan sebagai bahan bukti karena surat dapat berbentuk tanda terima, kwitansi, surat jalan pengiriman barang, resi atau bukti pengiriman uang, faktur, surat perjanjian dan berbagai surait bisnis lainnya banyak yang berfungsi sebagai bukti. Semua itu adalah sebagai bukti hitam di atas putih.
d. Sebagai Pedoman Pengambil Keputusan
Arsip surat sebaiknya disimpan walaupun dalam waktu relatif singkat, sehingga jika sewaktu-waktu diperlukan dapat dibaca kembali sebagai pedoman untuk mengambil suatu keputusan lebih lanjut.
e. Sebagai AIat Memperpendek jarak, Penghemat Tenaga dan Waktu
Anda dapat menghemat waktu, tenaga dan biaya bila ada suatu kunjungan yang tidak begitu penting, atau sesuatu yang dibicarakan tidak harus bertatap muka, maka cukup diwakili oleh surat.
f. Sebagai Pengingat
Surat-surat yang dianggap penting sangat perlu untuk disimpan karena mungkin suatu saat akan diperlukan lagi untuk dibaca ketika isi surat tersebut sudah dilupakan.
g. Sebagai Bukti Sejarah dan Kegiatan
Surat dapat berfungsi sebagai bukti sejarah perjalanan dan perjuangan suatu bangsa. Sebagai bukti kegiatan, bagi suatu organisasr perusahaan atau badan usaha.

Syarat-syarat Surat yang Baik
Surat dikatakan baik jika dalam penulisannya sudah sesuai dengan kaidah-kaidah dalam penulisan surat. Selain dari pemilihan bahasa, bentuk dan tulisan surat itu sendiri, ada beberapa hal yang juga harus diperhatikan, antara lain:
- Tulisan yang mudah dibaca dan mudah dipahami baik dari identitas si pengirim surat, nama dan alamat yang dituju, serta dari isi surat itu sendiri.
- Isi dari surat tersebut memang benar maksud dan tujuannya
- Menggunakan kosa kata yang baku.
- Menggunakan bahasa yang sopan santun.
- Menggunakan bahasa yang efektif sehingga surat tidak terlalu panjang lebar.
- Lengkap, maksud dan tujuan sudah terwakilkan semua dalam surat.
- Menarik

Bahasa Surat
Agar dapat dimengerti maksud dan tujuan surat secara jelas, harus disusun dengan mengggunakan bahasa yang relatif singkat. Sebelum menulis surat hendaknya dipertimbangkan sebaik mungkin, baik penyusunan kalimat, arti maupun ketepatan penggunaan kata-kata. Hindari pemakaian kata-kata yang kurang tepat serta jangan menyinggung perasaan orang yang dikirimi surat. Bahasa yang digunakan harus benar atau baku sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia, baik tentang ejaan, pemilihan kata, bentuk kata, maupun kalimat.
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menggunakan bahasa surat adalah sebagai berikut.
-        Hindari kalimat yang penjang dan berbelit-belit
-        Gunakan kata-kata dan istilah yang sudah lazim dipai
-        Tempatkan tanda baca dengan tepat
-        Gunakan ejaan yang benar
-        Gunakan singkatan yang umum dipakai

Bagian-bagian Surat
Di dalam pembuatan surat, ada penempatan dari berbagai bagian-bagian surat tergantung dengan masing-masing bentuk surat yang dipakai. Penempatan bagian-bagian ini adalah untuk membuat susunan surat menjadi jelas, menarik, dan sesuai dengan peraturan surat menyurat yang resmi. Bagian-bagian surat itu terdiri dari:
A. Kepala Surat
Setiap surat pasti mempunyai kepala surat atau kop surat, yang berfungsi sebagai identitas dari mana surat itu dibuat, siapa yang mengirim surat, dan bisa juga digunakan sebagai alat promosi khususnya untuk surat niaga.
B. Tanggal Surat
Penulisan tanggal surat menggunakan 2 cara, yaitu:
- Jika penulisan tanggal surat menggunakan kertas surat yang sudah berkop maka tidak usah menuliskan nama kota.
-  Jika penulisan tanggal surat menggunakan kertas tanpa kop surat, maka nama kota dapat dituliskan.
C. Nomor Surat
Penulisan nomor surat ditulis lengkap tidak boleh disingkat dan nomor ini ditulis sejak nomor satu sampai surat yang dikeluarkan pada hari ini. Hal tersebut akan mempermudah dalam pencarian surat.
D. Lampiran
Penulisan kata lampiran tidak disingkat dan lampiran berupa berkas yang disertakan bersama surat yang dikirimkan. Jika menerima surat disebutkan lampiran beserta jumlahnya, maka harus dicek kebenarannya.
E. Hal atau Perihal
Hal atau perihal adalah bagian yang menunjukkan pokok isi surat. Isi dari hal ini singkat saja, jika agak panjang bisa dijadikan dua atau tiga baris  agar tidak mengganggu format.
F. Alamat Dalam
Penulisan alamat dalam dapat ditulis misalnya untuk penulisan kata Yth. mengikuti orang yang dikirimi surat dan juga yang diberikan kata Yth. adalah  orangnya bukan lembaganya.
G. Salam Pembuka
Salam pembuka ditunjukkan untuk menunjukkan sikap hormat kepada penerima surat.
H. Isi Surat
   - Alinea pembuka : Jika kita menulis surat, maka jangan langsung berbicara mengenai pokok suratnya akan tetapi didahului dengan pembukaan yang penempatannya pada alinea pembuka.
   - Isi surat : Isi surat merupakan inti dari surat. Isi surat harus ditulis secara singkat, jelas, dan sopan.
   - Alinea penutup : Alinea penutup digunakan untuk menyampaikan rasa terima kasih kepada penerima surat.
I. Salam Penutup
J. Nama Jabatan
Nama jabatan perlu dicantumkan untuk mengetahui siapa pejabat yang bertanggung jawab terhadap surat tersebut.
K. Nama Terang dan NIP
Nama terang penanda tangan surat penting untuk dicantumkan untuk mengetahui siapa yang bertanggung jawab terhadap isi surat tersebut dan dengan siapa kelak berhubungan jika dikemudian hari membutuhkan tindak lanjut. Jika pejabat tersebut PNS maka perlu juga mencantumkan NIP.
L. Tembusan
Tembusan adalah surat yang dibuat dengan tindasan kabon ditujukan kepada pihak-pihak yang ada hubungannya dengan isi surat terutama yang menyangkut urusan pembiayaan sebagai akibat dikeluarkannya surat tersebut.
M. Inisial
Inisial lazim dicantumkan pada surat niaga sedangkan pada surat dinas pemerintah biasanya hanya dicantumkan paraf dari orang yang membuat surat saja. Apabila pembuat surat tidak mengetik sendiri suratnya, maka perlu mencantumkan singkatan pengetiknya.

Contoh-contoh Surat



Curriculum Vitae

Pengertian Curriculum Vitae
Curriculum vitae atau daftar riwayat hidup adalah catatan singkat tentang gambaran diri seseorang. Selain berisi data pribadi, gambaran diri itu paling tidak harus di isi keterangan tentang pendidikan atau keahlian dan pengalaman. Dengan data itu riwayat hidup akan memberikan gambaran atau kualifikasi seseorang. Dari segi penampilannya riwayat hidup tidak mempunyai bentuk standard. Riwayat hidup ditulis seperti karangan singkat, diawali oleh judul dan ditutup oleh rangkaian tanggal, tanda tangan dan nama. Sebenarnya riwayat hidup termasuk surat keterangan, dalam hal ini keterangan pribadi.

Manfaat Vitae
Curriculum Vitae mempunyai manfaat untuk menjelaskan keterangan diri, informasi diri, data diri dan sebagainya. Dengan Vitae, setiap orang yang membaca dan memeriksa akan dapat mengetahui dan menelaah setiap orang dari informasi diri yang telah diberikan, serta dapat memberikan gambaran seseorang melalui kegiatan – kegiatan atau dari spesifikasinya dalam pendidikan dan berorganisasi. Dengan kata lain manfaat CV menjelaskan kriteria diri dalam bentuk teks.

Susunan Vitae
A. Data Pribadi
Sangatlah penting untuk mencantumkan data pribadi sperti nama, alamat, email, handphone dan identitas pribadi lainnya. Data pribadi tersebut adalah satu-satunya cara bagi perusahaan yang merekrut bisa menghubungi Anda kembali jika sesuai dengan kriteria yang ditetapkan.
B. Pendidikan
Bagian ini menjelaskan mengenai latar belakang pendidikan dan hubungannya dengan pekerjaan yang dilamar. Cantumkan pendidikan dari SMU ke atas termasuk jika ada pendidikan non formal khusus yang Anda ikuti.
C. Pengalaman Kerja
Pada bagian ini adalah yang paling sering diperhatikan oleh perusahaan yang merekrut. Pengalaman kerja dapat memberi gambaran apakah seorang kandidat sudah memiliki jam terbang yang cukup atau masih terbatas. Di bagian ini, rekruiter juga bisa menentukan apakah kandidat dapat segera menyesuaikan diri di organisasi yang baru atau apakah dia butuh penyesuaian yang panjang. Oleh karena itu Anda harus menjelaskan secara detail apa yang Anda kerjakan, nama perusahaan tempat kerja sebelumnya, posisi Anda, dan pekerjaan yang Anda lakukan sehari-hari. Informasi yang diberikan pada bagian ini akan membantu memahami cakupan kerja yang dilakukan, keterampilan yang dimiliki serta bisa memperkirakan nilai tambah yang dimiliki seorang kandidat.
D. Keterampilan Yang Dimiliki
Dalam CV Anda, ada kalanya Anda perlu menjelaskan keterampilan apa saja yang Anda miliki sebagai proses belajar maupun pengalaman dari pekerjaan sebelumnya. Mungkin dalam bagian ini Anda bisa menambahkan keterampilan Anda dalam berbahasa lebih dari sau bahasa atau keterampilan dalam menggunakan applikasi-aplikasi computer.
E. Training Yang Pernah Diikuti
Masukkan daftar pelatihan/training apa saja yang pernah Anda ikuti sebelumnya  untuk memberi gambaran sejauh mana Anda telah berkembang dan wawasan apa saja yang sudah dimiliki. Jangan masukkan semua training karena jumlahnya akan sangat panjang. Pilih yang relevan dan sesuai dengan target pada organisasi yang dituju.
F. Prestasi
Ini adalah bagian yang penting disamping Pengalaman Kerja yang menjelaskan keunikan sebagai individu sekaligus pencapaian di bidang tertentu. Anda bisa menjelaskan secara singkat prestasi di pekerjaan, pendidikan ataupun dalam bidang kemasyarakatan lainnya. Prestasi di bidang kemasyarakatan atau hal-hal di luar pekerjaan juga menarik bagi seorang rekruter untuk digali lebih jauh.
G. Kegiatan Ekstrakurikuler/Kemasyarakatan
Perlunya ada sedikit gambaran kegiatan yang dilakukan di masyarakat, untuk menunjukkan bahwa Anda bisa membagi waktu dan memiliki wawasan yang lebih luas, tidak hanya sebatas pekerjaan.

Isi Vitae

DAFTAR RIWAYAT HIDUP
Data Pribadi
Nama                                      : Alessandro Kevin
Tempat, Tanggal Lahir           : Jakarta, 04 Januari 1993
Jenis Kelamin                         : Laki-laki
Agama                                    : Kristen Protestan
Kewarganegaraan                   : Indonesia
Alamat                                    : Komp. AL Jatimakmur Blok D11 No.4, Pondok Gede – Bekasi
Telepon                                   : 085770627673 (HP)
                                                  alessandro.kevin@yahoo.com
Golongan Darah                     : B

Latarbelakang Pendidikan
Formal
1998 – 2004                            : SDK Pamardi Yuwana Bhakti
2004 – 2007                            : SMPN 24, Jakarta
2007 – 2010                            : SMAN 113, Jakarta

Kemampuan
- Kemampuan Programing dan Sistem Analisis (Programing & Analist System) PHP &       MYSQL, Java, Project Data Base, C++, Acounting, Sistem Administrator
- Kemampuan Komputer (MS Word, MS Excel, MS PowerPoint, MS Access, MS Outlook dan Internet)

Pengalaman Kerja
2010 – 2011                            : Cakra 21 Tour and Travel
2011 - 2014                             : Neira Travel

Bekerja di Cakra 21 Tour and Travel
Periode : Juli 2010 - June 2011
Posisi : Staff Ticketing

Rincian Pekerjaan:
- Penjualan Tiket Internasional dan Domestik
- Penjualan Hotel dan Tour
- Pembuatan Laporan Harian


Sumber :

No comments:

Post a Comment