Tuesday, October 20, 2015

Telematika



Pengertian Telematika
Telematika adalah singkatan dari Telekomunikasi dan Informatika yang merupakan adopsi dari bahasa Prancis yang sebenarnya adalah “TELEMATIQUE” yang dapat diartikan sebagai bertemunya sistem jaringan komunikasi dengan teknologi informasi. Telematika dapat diartikan juga suatu istilah untuk mendefinisikan Telekomunikasi melalui media informatika. Berdasarkan definisi di atas telematika sebenarnya mencakup dua teknik yaitu: telekomunikasi dan informatika, yang bisa di gunakan untuk kepentingan personal, komersial, dan alat untuk sistem keamanan.

Istilah telematika sering dipakai untuk beberapa macam bidang, sebagai contoh adalah:
-    Integrasi antara sistem telekomunikasi dan informatika yang dikenal sebagai Teknologi Komunikasi dan Informatika atau ICT (Information and Communications Technology). Secara lebih spesifik, ICT merupakan ilmu yang berkaitan dengan pengiriman, penerimaan dan penyimpanan informasi dengan menggunakan peralatan telekomunikasi.
-     Secara umum, istilah telematika dipakai juga untuk teknologi Sistem Navigasi/Penempatan Global atau GPS (Global Positioning System) sebagai bagian integral dari komputer dan teknologi komunikasi berpindah (mobile communication technology).
-      Secara lebih spesifik, istilah telematika dipakai untuk bidang kendaraan dan lalulintas (road vehicles dan vehicle telematics).

Bidang yang terkait dengan telematika antara lain adalah :
-          E-Government
-          E-Commerce
-          E-Learning

Contoh Telematika

Salah satu bidang yang terkait dengan telematika adalah E-Learning. E-Learning telah menghasilkan perubahan besar dalam dunia pendidikan, dari pendidikan tatap muka yang konvesional ke arah pendidikan yang lebih terbuka. Di Indonesia saja sudah ada yang namanya pendidikan terbuka dengan system belajar jarak jauh (distance learning) yang memanfaatkan teknologi komputer, jaringan komputer, juga media internet. E-learning membuat para pelajar dapat belajar melalui komputer di tempat mereka masing-masing tanpa perlu mengikuti pelajaran secara langsung di kelas.

E-Learning seperti yang disampaikan tersebut dapat dimungkinkan dengan adanya teknologi telematika, yang dapat menghubungkan guru dengan muridnya, dan mahasiswa dengan dosennya tanpa harus adanya pertemuan secara langsung. Dengan E-Learning dapat melihat hasil perolehan belajar berupa nilai secara online, mengecek jadwal kuliah, mengirim naskah tugas, dan lainnya sudah dapat dilakukan. Peranan web kampus atau sekolah termasuk cukup sentral dalam kegiatan pembelajaran ini. Selain itu, web bernuansa pendidikan non-institusi, perpustakaan online, dan interaksi dalam group, juga sangatlah mendukung. Selain murid atau mahasiswa, portal e-learning dapat diakses oleh siapapun yang memerlukan tanpa pandang faktor jenis usia, maupun pengalaman pendidikan sebelumnya.

Berikut ini adalah beberapa contoh website E-Learning di Indonesia :

Website ini merupakan sebuah komunitas e-learning yang membagi literatur dan materi kuliah secara bebas dan gratis di bidang Computing atau ilmu komputer dan teknologi informasi dalam bahasa Indonesia. Dalam situs ini juga menyediakan Konsultasi Online gratis melalui Yahoo Messenger bagi user yang mengalami kesulitan mengikuti berbagai fitur dalam situs tersebut.

Situs ini merupakan situs e-learning yang hanya menyajikan pelajaran matematika dan sains saja,  namun setiap penjelasannya akan disertakan gambar animasi yang menarik dan jauh lebih mudah dengan ini.

Situs ini juga hanya membahas 1 mata pelajaran saja yaitu fisika. Disini kamu bisa mencari berbagai permasalahan mengenai fisika, materi, latihan soal, sejarah dan ruang diskusi seputar mencari penyelesaian mengenai pelajaran fisika. Pada situs ini juga kamu bisa mendapatkan informasi tentang beasiswa jurusan fisika dalam dan luar negeri dan seputar berita seminar bahkan olimpiade fisika.

Situs ini tidak hanya menyediakan materi-materi yang standar, tapi bahkan bisa jauh lebih luas. Dengan tampilan yang menarik dan jaringannya yang cepat, geschool tengah menjadikan e-learning jauh lebih menyenangkan, selain itu geschool juga memiliki fasilitas notes dan blog yang  dapat diakses secara internal.

Ini merupakan sebuah portal jejaring sosial pendidikan khusus bagi pelajar,  mahasiswa  dan pengajar. Goesmart memiliki fungsi sama persis seperti facebook, yang mana di dalamnya kamu bisa berteman dengan siapa saja, update status, upload foto dan materi pembelajaran bahkan kamu bisa membuka kelas diskusi kamu sendiri serta membuat soal sendiri.


Keuntungan dan Kerugian Elearning

Keuntungan E-Learning :

1.      E-learning dapat mempersingkat waktu pembelajaran dan membuat biaya studi lebih ekonomis.
2.      E-learning  mempermudah  interaksi  antara  peserta  didik  dengan  bahan atau materi, peserta didik dengan guru, maupun sesama peserta didik.
3.      Peserta didik dapat saling berbagi informasi dan dapat mengakses bahan-bahan belajar setiap saat dan berulang-ulang, dengan kondisi yang demikian itu peserta didik dapat lebih memantapkan penguasaannya terhadap materi pembelajaran.
4.      Kehadiran guru  tidak mutlak diperlukan
5.      Guru akan lebih mudah melakukan pemutakhiran bahan-bahan belajar yang menjadi tanggung jawabnya sesuai dengan tuntutan perkembangan keilmuan yang mutakhir.
6.      Guru juga akan lebih mudah mengembangkan diri atau melakukan penelitian guna meningkatkan wawasannya.
7.      Guru dapat mengontrol kegiatan belajar peserta didik.

Kerugian E-Learning :
1.      Untuk sekolah tertentu terutama yang berada di daerah, akan memerlukan investasi yang mahal untuk membangun e-learning ini.
2.      Sistem belajar yang tanpa pengawas membuat siswa yang tidak mempunyai motivasi belajar yang tinggi cenderung gagal.
3.      Keterbatasan  jumlah  komputer  yang  di miliki  oleh  sekolah  akan  menghambat pelaksanaan e-learning.
4.      Bagi orang yang gagap teknologi, sistem ini sulit untuk diterapkan.


Jadi kesimpulannya, Telematika mempunyai manfaat penting di dalam kehidupan masa kini yang mengandalkan teknologi, dan pada sebuah teknologi informasi seperti ini, kita sebagai pengguna teknologi harus menggunakan dan memaksimalkannya secara efisien. Dan dengan menggunakan Internet, semua masyarakat di dunia dapat berinteraksi dengan teknologi informasi tersebut. Tapi tetap perlu adanya kebijakan dalam penggunaannya, karena bukan hanya memiliki kegunaan, penggunaan telematika pun bias menimbulkan kerugian jika tidak digunakan untuk hal yang positif.

Sumber :

1 comment:

  1. How to make money from gambling - Work Tomake Money
    There are a lot of bookmakers that offer free bets and bonuses that you can do while you're betting. They งานออนไลน์ are one of the best online gambling sites out there

    ReplyDelete